Seventy

Selasa, 09 April 2024

Kalau boleh request aku mau hidup sampai umur 70 aja. Bagaimanapun kondisiku pada saat itu. Entah sudah punya cucu atau belum, entah anakku sudah menikah atau belum, entah aku sudah mencapai impianku atau belum.

Aku lupa tepatnya kapan, tapi nggak mengharapkan apa apa dari dunia rasanya cukup mendamaikan. Tidak mengharapkan apapun dari orang lain rasanya cukup membuat tenang. Pada akhirnya aku menyadari kalau aku lahir sendiri dan harus bisa berdiri di atas kaki sendiri. Bukan hak-ku juga untuk menentukan hidup orang lain kan. 

Aku memilih untuk mati di umur 70. Tapi aku mau pasangan hidupku hidup lebih lama dari itu. Sudah pernah kubilang, satu satunya yang membuatku terikat dan mau untuk hidup lebih lama karena dia. Satu-satunya keterikatan yang sangat sulit kulepas adalah perasaan yang melekatkan kami ini.

Aku tak mau berumur terlalu panjang. Jika waktunya sebelum itu pun tidak masalah. Mungkin memang yang harus keselesaikan di hidup ini sudah selesai semua dan waktunya melanjutkan perjalanan. Rasanya narsistik sekali kalau berpikir hidupku mempengaruhi hidup orang lain. Pun jika memang begitu, semuanya adalah campur tangan tuhan. 

Sejauh ini aku melangkah rasanya seperti kilatan cahaya, sangat cepat. Ya, begitu kata Bhagawan Wararuci. Dulu aku berpikir untuk mengejar harta benda untuk kesenangan pribadi. Nyatanya sekarang aku mengejar itu untuk kepentingan orang lain juga. Sejauh yang aku tau itu yang diinginkan Beliau. Itu pula yang aku baca dari Bhagavad Gita. 

Aku sedang berlatih melakukan segala sesuatu sebagai sebuah persembahan. Kalau kamu bertanya kenapa aku begini dan begitu. Jawabannya cuma satu. Aku lakukan untuk Tuhan. Karena aku percaya saat ini, satu satunya yang bisa membawaku pada kebahagiaan yang kekal hanyalah saat aku menyatu denganNya dan tidak harus kembali kesini. Aku bahagia karena Tuhan mau aku seperti itu, Tuhan tidak mau aku tenggelam dalam kesedihan, amarah dan gelisah. Jadi aku mengupayakan hal itu. 

Tapi kalau boleh request, aku mau hidup sampai umur 70 dan tidak sampai menyusahkan siapapun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS